Visit INDONESIA....Selamat Datang di Blog Kami

Senin, 19 November 2012

SEJARAH AKPAR MEDAN




Pendirian Akademi Pariwisata Medan (d/h Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Medan) sebagai lembaga pendidikan Pariwisata di Sumatera Utara bukanlah tanpa perjuangan dan keseriusan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun tokoh perseorangan masa itu. Bangkitnya Pariwisata Indonesia di era 80-an mendorong Pemerintah saat itu untuk melakukan pembenahan di berbagai, ini tak terkecuali pembenahan sektor Sumber Daya Manusia Pariwisata.
Pemerintah pusat c.q Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi saat itu menyadari bahwa 2 (dua) Lembaga Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) Bandung dan BPLP Bali tidak mampu secara signifikan memenuhi kebutuhan SDM Pariwisata di Indonesia dan oleh sebab itu dipandang perlu untuk mendirikan Lembaga Pendidikan Pariwisata yang baru disesuaikan dengan tuntunan kebutuhan berdasarkan wilayah, maka direncanakanlah unduk mendirikan lembaga pendidikan pariwisata yang baru dirancanglah untuk mendirikan 2 (dua) BPLP masing-masing diwilayah barat dan wilayah timur Indonesia.
Khusus untuk wilayah Barat Indonesia dengan wilayah kerja Sumatera dan Kalimantan, beberapa propinsi diantaranya Propinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau mengajukan permohonan ke Departemen Parpostel untuk menjadi BPLP. Dengan kegigihan dan perjuangan serius Bapak Raja Inal Siregar, Gubernur Sumatera Utara pada saat itu, bersama Bapak Drs. H.Usman Ismail sebagai Kepala Kantor Wilayah I Departemen Parpostel Sumatera Utara-Aceh, dan penggantinya Bapak Abdul Manan, SH serta dukungan dari berbagai pihak dan proses yang sangat panjang sejak tahun 1989, akhirnya pada tahun 1991 diresmikan pendirian Balai Pendidikan dan tertanggal 18 Agustus 1991 melalui SK Mentri Parpostel No. KM.241/OT.001/PPT-91 tertanggal 18 Agustus 1991, diresmikan pendirian Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) di Medan dengan menggunakan gedung Eks APDN di jalan Kemerdekaan Sebagai kampus sementara.

v  29 OKTOBER 1991

·         Balai Pendidikan dan Latihan pariwisata (BPLP) Medan diresmikan oleh Mentri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi yang pada saat itu dijabat oleh Bapak Soesilo Sudarman dengan SK MENPARPOSTEL No. KM. 241/OT.001/PPT-91, tertanggal 18 Agustus 1991.
·         BPLP Medan menempati kampus ex APDN Medan Milik Pemerintah Daerah Tingkat I Sumatera Utara
·         Direktur BPLP Medan adalah Bapak Sumekto Djajanegara

v  12 FEBRUARI 1997
BPLP Medan berubah statusnya menjadi Akademi Pariwisata (AKPAR) Medan sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Menparpostel yang pada waktu itu dijabat oleh Bapak Joop Ave dengan SK MENPARPOSTEL No. KM.26/ot.mppt-97.

v  28 AGUSTUS 1998
Regenerasi kepemimpinan dari Bapak Drs. Sumekto Djajanegara kepada Bapak Drs. Amir Tanuamijaya.
v  31 OKTOBER 1999
Akpar Medan menyelenggarakan Wisuda Perdana di Tiara Convention center yang di hadiri oleh Dirjen Pariwisata RI Bapak Drs.I Gede Ardika.
v  14 OKTOBER 2000
Penyelenggaraan Wisuda II AKPAR Medan, bertempat di Balai Raya Tiara, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Bapak Drs. I Gede Ardika menyampaikan sambutan diwakili oleh bapak Sucipto SH, Deputi V Bidang Pengembangan SDM, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata.
v  5 FEBRUARI 2001
Akademi Pariwisata (AKPAR) Medan menempati kampus baru milik sendiri yang beralamat di jalan Rumah sakit Haji No. 12, Medan.


v  27 OKTOBER 2001
Untuk ketiga kalinya AKPAR Medan menyelenggarakan Wisuda. Pelantikan wisudawan dilakukan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Bapak Drs. I Gede Ardika, bertempat di Griya Dome Convention Medan.
v  19 OKTOBER 2002
Pelaksanaan Wisuda IV AKPAR Medan, Kepala Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata, Bapak Setyanto P. Santosa, menyampaikan sambutan yang diwakili oleh Sekertaris utama BUDPAR Bapak Drs. Nunus Supardi.
v  8 MEI 2003
Regenerasi kepemimpinan dari Bapak Drs. Amir Tanuamijaya Kepada Bapak Drs. Rinto Taufik Simbolon.
v  11 OKTOBER 2003
Penyelenggaraan Wisuda V AKPAR Medan, bertempat di Hotel Grand Angkasa Medan. Menteri Kebudayaan dan pariwisata, Bapak I Gede Ardika menyampaikan sambutan diwakili oleh Bapak Tamrin B. Bachri, Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kementerian dan Pariwisata
v  29 OKTOBER 2004
Tahun ajaran 2004/2005 AKPAR Medan hanya menerima mahasiwa program Diploma –III (tiga)
Wisuda VI AKPAR Medan bertempat di Balai Raya Tiara Convention Center medan. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata menyampaikan sambutan diwakili oleh Bapak I Gusti Putu Laksaguna, Asisten Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kementerian dan Pariwisata.
22 SEPTEMBER 2005
Wisuda VII Akpar Medan Bertempat di Balai Raya Tiara Convention Center Medan dan dihadiri oleh Kepala Badan Pengembanga Sumber Daya BUDPAR Bapak I Gusti Putu Laksaguna.
15 NOPEMBER 2005
Regenerasi kepemimpinan dari Bapak Drs. Rinto Taufik simbolon Kepada Bapak Renalmon Hutahaean, MM
21 SEPTEMBER 2006
Wisuda VIII AKPAR Medan bertempat di Hotel Emerald Garden Medan dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya BUDPAR Bapak I Gusti Putu Laksaguna.


1 SEPTEMBER 2007
Wisuda IX Akpar Medan bertempat di Hotel Emerald Garden Medan dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya BUDPAR Bapak I Gusti Putu Laksaguna.
v  23 AGUSTUS 2008
Wisuda X Akpar Medan bertempat di Hotel Emerald Garden Medan dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya BUDPAR Bapak I Gusti Putu Laksaguna.
v  12 JUNI 2009
Peresmian Program Studi Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata yang diwakili Bapak Ir. Thamrin B.Bachri, M.Sc (Staf Ahli BUDPAR RI).
v  4 OKTOBER 2010
Akpar Medan Resmi membuka Program D-4 Administrasi Perhotelan yang berafiliasi dengan STP Bandung dan Program D-3 Manajemen Patiseri.
v  21 MARET 2011
Regenerasi kepemimpinan dari Bapak Drs. Renalmon Hutahaean, MM kepada Bapak Drs. Bahagia Tondang, SH, MAP sebagai Plt Direktur AKPAR Medan.
v  12 AGUSTUS 2011
Secara resmi, Bapak Drs. Kosmas Harefa M.Si dilantik oleh Kepada Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata sebagai Direktur Akademi Pariwisata Medan.


Pada dasarnya peran mahasiswa adalah bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat ini sebenanya bukan hanya terbatas pada manusia dengan manusia tetapi juga lingkungan sekitar secara luas. Peran mahasiswa dapat menjadi nilai plus apabila dia mampu menciptakan sebuah inovasi terbaru sesuai dengan keilmuannya untuk memberikan kontribusi nyata dalam berbagai krisis. Peran mahasiswa juga akan terlihat nyata bila didukung oleh berbagai fasilitas dan layanan yang diberikan oleh lembaga sebagai bekal keilmuan di dalam persiapan menuju kepada pengabdian masyarakat itu.
Akademi Pariwisata (AKPAR) Medan menyediakan fasilitas dan layanan berbasis teknologi informasi untuk dosen, karyawan dan mahasiswa. Layanan ini ditujukan untuk dapat menunjang aktivitas kegiatan belajar mengajar dari segenap komponen yang ada di AKPAR Medan .

Gedung Kuliah
Gedung perkuliahan ini merupakan pusat kegiatan belajar dan mengajar AKPAR Medan yang memiliki fungsi disamping PBM juga sebagai ruang pertemuan/rapat dan diskusi mahasiswa, pelaksanaan rapat kerja (raker) mahasiswa dan lain sebagainya.

Unit Kegitan Mahasiswa
Wadah untuk pembinaan mahasiswa meliputi bidang olahraga, kesenian, dan aktivitas mahasiswa lainnya.

Internet
Layanan Akses Internet kampus dapat Anda akses dari terminal-terminal komputer di seluruh Jurusan/Program Studi dan Public Area yang ada di kampus.

E-mail
AKPAR Medan menyediakan fasilitas akses E-Mail baik untuk kepentingan personal dan kelembagaan .

Deli Meeting Room
Deli Meeting Room merupakan ruangan yang di desain untuk berlokasi di gedung rektorat tempat diadakannya berbagai rapat mahasiswa maupun umum untuk kapasitas 30 tempat duduk. Ruangan ini berguna untuk :

·         Mini Workshop.
·         Pertemuan-pertemuan penting seperti rapat pimpinan maupun lainnya.
·         Diskusi

Toba Meeting Room
Toba Meeting Room adalah ruangan yang berkapasitas 100 tempat duduk berlokasi di gedung rektorat dan dapat difungsikan untuk tempat diadakannya berbagai macam aktivitas/kegiatan mahasiswa maupun umum berupa :
·         Seminar nasional, regional maupun internasional.
·         Pertemuan-pertemuan penting seperti rapat pimpinan maupun lainnya.
·         Diskusi
·         Kuliah Tamu
·         Workshop, dll

Ruang Alumni (IKABA)
Ruang IKABA merupakan pusat kegiatan Ikatan Alumni BPLP/AKPAR Medan. Ruang ini juga bisa berfungsi sebagai ruang pertemuan untuk membahasa pelaksanaan rapat kerja (raker) alumni.

Laboratorium 
AKPAR Medan memiliki fasilitas laboratorium bahasa dan komputer. Fasilitas Laboratorium ini dipergunakan untuk kegiatan praktikum, penelitian maupun pelatihan. Mahasiswa bisa melakukan penelitian di laboratorium untuk mempraktikkan teori yang diperoleh dari kegiatan kuliah maupun untuk tugas akhir.

Perpustakaan
Sarana ini dapat dimanfaatkan oleh segenap mahasiswa, karyawan dan dosen AKPAR Medan serta bagi perguruan tinggi kepariwisataan yang membutuhkannya sebagai bagian dari sarana penunjang kelengkapan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tourist Coach
Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang memiliki program “Link and Match” maka AKPAR Medan saat ini telah memiliki 3 (tiga) bus pariwisata yang mendukung program tersebut.

Nataboan Restaurant and Bar
Sebagai bagian integral dunia pendidikan yang ada pada program Tata Hidangan, AKPAR Medan memiliki restoran praktik yang berkapasitas 100 tempat duduk dan diperuntukkan bagi mahasiswa sehari-hari untuk menghidangkan makanan Nusantara, Continental, Eropa dan Jepang.

Somba Tours and Travel
Untuk menunjang kegiatan pendidikan pada Program Studi Usaha Perjalanan, AKPAR Medan memiliki Somba Tours and Travel yang didalamnya mempelajari teknik-teknik reservasi, ticketing, handling tours dan lain sebagainya.

Nirvana Hotel and Laundry
Sebagai kampus yang membina sumber daya manusia pada bidang pariwisata dan perhotelan maka keberadaan sarana hotel menjadi sesuatu yang sangat penting. AKPAR Medan memiliki hotel praktik dan laundry yang benar-benar sangat bermanfaat untuk proses latihan yang ada.

Dapur Praktik (Kitchen)
Keberadaan dapur praktik AKPAR Medan menjadi barometer dapur-dapur yang ada bagi dunia perhotelan di Medan , hal ini dikarenakan produk-produk yang dihasilkan dari dapur ini memperkaya dunia kuliner yang terus berkembang pesat.

Sarana Olahraga
Sarana olahraga yang tersedia di AKPAR Medan adalah : Sarana untuk cabang olahraga sepakbola yang cukup luas; Lapangan Bola Voli; Lapangan Bola Basket; Meja bilyar; dan Tenis Meja.

Sarana Kesenian
Sarana kesenian yang ada di AKPAR Medan adalah : Homeband AKPAR Medan (Unit aktifitas band); fasilitas untuk pengembangan seni tari.

Sarana Ibadah
Bagi mahasiswa AKPAR Medan yang beragama islam disediakan Musholla di areal kampus.


Sarana Kesehatan
AKPAR Medan memiliki sarana poliklinik untuk mahasiswa. Disamping pemenuhan sarana kesehatan bagi mahasiswa AKPAR Medan juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Haji Medan yang berlokasi bersebelahan dengan kampus.

Keberadaan Akademi Pariwisata Negeri Medan sebagaimana terlihat sekarang ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta, lembaga atau organisasi maupun perorangan. Bentuk kerjasama dan bantuan tersebut perwujudannya berupa :
- Beasiswa untuk tenaga pengajar (dosen)
- Bantuan peralatan dan fasilitas
- Penyediaan Tempat Praktik Kerja Nyata (PKN)
- Penggunaan fasilitas Konvensi
- Penyiaran di media massa (iklan)
Pihak-pihak yang pernah mengadakan kerjasama dan memberikan bantuan pada Akademi Pariwisata Medan antara lain :
a. Pemerintah
- Pemerintah Inggris
- Pemerintah Jepang
- Pemerintah Malaysia
- Pemerintah Perancis
- Pemerintah Thailand
- Pemerintah Belanda
- Pemerintah Australia
- Pemerintah Singapura
b. Departemen dan Instansi Pemerintah
- Departemen Kebudayaan dan Pariwisata
- Departemen Tenaga Kerja
- Dinas Pariwisata Daerah (Diparda)Tingkat I Sumatera Utara
- Pemerintah Daerah Tingkat I Sumatera Utara
- PT. Indosat Medan
- PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
- Kanwil Parsenibud Sumut
- Kanwil Parseni Riau
- Departemen Pendidikan Nasional
- Imigrasi
c. Lembaga Pendidikan 
- Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
- Sekolah Tinggi Pariwisata Bali
- Akademi Pariwisata Makassar
- Akademi Pariwisata Nusantara
- Akademi Pariwisata Dharma Agung
- Jurusan Pariwisata USU
d. Usaha Jasa Perhotelan 
- Club Med Bintan - Bintan
- Hotel Asean International - Medan
- Hotel Emerald Garden - Medan
- Hotel Tiara Medan & Convention Centre - Medan
- Hotel Natour Dharma Deli - Medan
- Hotel Dirga Surya - Medan
- Hotel Hyatt Regency - Yogjakarta
- Hotel Indonesia - Jakarta
- Hotel Indra Palace - Bandar Lampung
- Hotel Indra Puri - Lampung
- King's Hotel - Palembang
- Hotel Natour Muara - Padang
- Hotel Natour Parapat - Parapat
- Hotel Niagara - Parapat
- Hotel Nirwana Garden - Bintan
- Novotel Hotel Batam - Batam
- Novotel Bukit Tinggi - Bukit Tinggi
- Hotel Oberoi legian - Bali
- Purajaya Hotel - Batam
- Hotel Sedona Bintan - Bintan
- Hotel Sheraton Bandung - Bandung
- Sheraton Inn - Lampung
- Hotel Sindu Beach - Bali
- Hotel Sultan Internasional - Banda Aceh
- Hotel Westin Surabaya - Surabaya
- Hotel Mutiara Merdeka - Pekanbaru
Usaha Jasa Perhotelan Luar Negeri 
- Amara Hotel - Singapore
- Apollo Hotel - Singapore
- Berjaya Hotel & Resort Langkawi - Malaysia
- Bizmax Person Services - Singapore
- Concorde Hotel Shah Alam Selangor - Malaysia
- Desaru Golden BEach Resort Langkawi - Malaysia
- East West Marine Service - Singapore
- Europa Country Club Resort - Singapore
- Le Meridian - Singapore
- Miramar Hotel - SIngapore
- Mutiara Burau Beach - Langkawi
- New Park Hotel - Singapore
- Pelangi Beach Resort Langkawi - Malaysia
- Pleasure Dome - Singapore
- Radison Hotel and Convention Centre Shah Alam Selangor - Malaysia
e. Usaha Jasa Perjalanan Wisata
- Avia Inter Liner - Medan
- Bonanza Holidays - Medan
- Boraspati - Medan
- Bukit Puluh - Bali
- Carmeta Ampuh - Palembang
- Edelweiss - Medan
- Eka Sukma Wisata - Medan
- Erni Panca Putri - Medan
- Flamboyan Prima Wisata - Medan
- Erni Panca Putri - Medan
- Four Seas - Medan
- Gala Wisata Alam - Jakarta
- Horasindo Wisata - Medan
- Ideal - Lombok
- Indo Prima - Medan
- King's Holidays - Medan
- Larasati - Bogor
- Lika Travindo - Medan
- Mora Hasrat Utama - Medan
- Mulia Rahayu - Bogor
- Mutiara Holiday - Medan
- Mesen Tour & Travel - Medan
- Natrabu - Medan
- Overland Holidays - Medan
- Nosutoga - Medan
- Pacto - Medan
- Pandan Harum Semesta - Bali
- Risyad Salim Wisata - Jakarta
- Satriavi - Medan
- Seiba - Medan
- Shaan Holiday - Medan
- Sutrabu - Medan
- Trophy Tour - Medan
- Valentine Travel - Medan
- Wisata Titian Nusantara - Jakarta
- Cita Travel Service - Bali
- Uniwisata Tours & Travel - Kerinci, Riau
- Vaya Tour- Bali
f. Media Massa
- Harian Analisa - Medan
- Harian Suamtera - Medan
- Harian Waspada - Medan
- Tabloid Potret Wisata Indonesia
- Medan Pos - Medan
- Radio Pesona Cipta Suara (RPC) FM - Binjai
- Radio Sonya FM - Medan
h. Lain-lain
- The British Council - Jakarta
- Japan International Cooperation Agency (JICA) - Indonesia Office
- Bureau De Cooperation Linguistique et Educative (BCLE) - Jakarta
- Overseas Servcie Bureau (OSB) - Australia
- Indonesia Australia Partnership for Skill Cevelopment – Jakarta







Tidak ada komentar:

Posting Komentar